Social Engineering berbasis komputer mengacu pada serangan yang dilakukan dengan bantuan software komputer untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Beberapa jenis serangan ini terdaftar sebagai berikut:

pop-up: Pengguna yang melihat pop up mengklik link yang mengarahkan mereka untuk mengunjungi halaman web penyerang, meminta mereka untuk memberikan informasi pribadi mereka atau meminta mereka mendownload software yang kemungkinan adalah virus backend.

Insider attack: Srangan Jenis ini dilakukan dari dalam jaringan target. Kebanyakan serangan ini dilakukan oleh karyawan yang tidak puas dengan posisi mereka dalam organisasi atau karena mereka memiliki dendam pribadi terhadap karyawan atau manajemen lainnya.

Phishing: Spammer sering mengirim e-mail secara masal ke e-mail, misalnya, mereka yang mengaku berasal dari perusahaan dan memberi tahu kamu bahwasanya kamu telah memenangkan satu juta rupiah. Mereka meminta kamu untuk mengklik link di e-mail tersebut untuk memberikan informasi seperti nama, alamat, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan metode ini, Social Engineer dapat mengumpulkan informasi.

Scam "Nigeria 419": Dalam penipuan ini, penyerang meminta target untuk melakukan pembayaran dengan melakukan transfer uang. Disebut 419 karena "4-1-9" adalah bagian dari KUHP Nigeria yang melarang praktik ini. Penyerang atau scammers biasanya mengirim e-mail atau surat penawaran dengan beberapa penawaran menguntungkan yang menyatakan bahwa uang mereka telah terjebak di beberapa negara yang saat ini sedang dalam perang, jadi mereka memerlukan bantuan untuk mengeluarkan uang. Penipu ini meminta kamu untuk membayar uang atau memberi mereka rincian rekening bank kamu untuk membantu mereka mentransfer uang. Kemudian kamu diminta membayar biaya, ongkos, atau pajak untuk membantu melepaskan atau mentransfer uang dari negara melalui bank. 


Fake SMS: Dalam serangan jenis  ini, Social Engineer akan mengirim SMS ke target yang mengaku berasal dari instansi keamanan dan juga mengklaim bahwa sangat mendesak agar target tersebut menghubungi nomor yang ditentukan.

Mungkin itu saja jenis-Jenis serangan Social Engineering, semoga kalian dapat berjaga-jaga ketika mendapat serangan tersebut.