Image from HackAccess


Social Engineering Attack adalah proses lanjutan yang dimulai dengan tahap awal seperti penelitian sampai dengan selesai, Ketika Social Engineer mengakhiri percakapan. Percakapannya tersebut berupa liputan singkat yang diawali dari empat tahapan dibawah ini.

Penelitian (Research)
Pada tahap penelitian, Attacker mencoba mengumpulkan informasi target. Informasi target dapat dikumpulkan dari berbagai sumber dan sarana, seperti alamat, situs web, dokumen publik, interaksi fisik, dan sebagainya.

Memancing (Hook)
Pada tahap ini, Attackers akan membuat langkah awal dengan mencoba memulai percakapan dengan target yang dipilih setelah menyelesaikan tahap penelitian.

Bermain (Play)
Tujuan utama dari langkah ini adalah untuk membuat hubungan lebih kuat dan melanjutkan dialog untuk mengeksploitasi hubungan dan mendapatkan informasi yang diinginkan.

Keluar (Exit)
Keluar adalah tahapan terakhir dari Social Engineering dimana seorang Social Engineer berjalan keluar atau menghentikan komunikasi dengan target tanpa membuat keributan atau melakukan sesuatu yang mencurigakan.

Itulah beberapa tahapan untuk melakukan Social Engineering Attack. Mungkin berguna bagi kamu yang bingung memulai Social Engineering dan juga berguna untuk kalian untuk berjaga-jaga kalau kamu sedang ditargetkan.