Ping adalah sebuah fitur yang terdapat pada laptop atau PC. Aplikasi yang mendukung Ping juga dapat dipasang di smartphone. Selain itu, situs web yang mendukung layanan Internet Tester sering kali menyertakan Ping sebagai salah satu fitur mereka.

Ping berfungsi untuk mengirim test dari klien ke target dari jarak jauh melalui koneksi jaringan TCP / IP. Sasarannya bisa berupa situs Web, komputer, atau perangkat lain dengan menggunakan dengan IP Address. Selain menentukan apakah komputer saat ini sedang online, Ping juga memberikan indikator kecepatan pada koneksi jaringan.

Contoh diatas merupakan penggunaan ping di Microsoft Windows; Langkah yang sama bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Ping lainnya.

Cara Menjalankan Ping
Didalam sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux menyediakan program ping  yang bisa dijalankan. Komputer bisa di-ping dengan IP Address atau nama PC.

Cara Untuk melakukan ping ke komputer dengan IP Address:
  1. Buka Command Prompt (di Microsoft Windows).
  2. Ketik ping, spasi, kemudian IP Address.
  3. Tekan tombol Enter.

Penjelasan Hasil Ping
Grafik di atas menggambarkan sesi ping saat  IP Address yang di targetkan merespon tanpa kesalahan jaringan:
  1. Reply From: Secara default, ping mengirimkan serangkaian empat pesan ke Address. Maka secara otamatis akan mengeluarkan baris konfirmasi untuk setiap pesan tanggapan yang diterima dari komputer target.
  2. Bytes: Setiap permintaan ping berukuran 32 byte.
  3. Time: Ping melaporkan jumlah waktu (dalam millisecond) antara pengiriman permintaan dan penerimaan tanggapan.
  4.  TTL (Time-to-Live): Nilai antara 1 dan 128, TTL dapat digunakan untuk menghitung berapa banyak jaringan yang berbeda yang dikirim oleh pesan ping sebelum mencapai komputer target. Nilai 128 menunjukkan perangkat berada di jaringan lokal.