Tidak ada password yang paling sempurna. Seorang Hacker yang berkomitmen bisa saja memecahkan password yang sempurna, membuat password yang paling aman adalah cara yang tepat untuk membuat Hacker kapok dalam membobolnya.

Tujuannya adalah untuk membuat password yang aman dengan 3 kriteria:
  1. Bukan kata benda yang tepat atau kata yang ada di dalam kamus. 
  2. Cukup kompleks sehingga tahan serangan dari serangan. 
  3. Cukup intuitif sehingga kamu masih bisa mengingatnya. 

Saran di bawah ini akan membantu kamu dalam membuat password yang aman dengan 3 kriteria diatas:

Mulai Dengan Kalimat Dasar
Password yang panjang itu penting karena menambah kompleksitas. Password yang aman adalah minimal 8 karakter. Begitu password mencapai 15 karakter, maka menjadi sangat aman terhadap serangan Hacker.

Yang lebih penting daripada panjang password adalah ketidakpastian: kata benda dan nama, seperti 'Yasya' atau 'Viqi' atau 'Agung', mudah diprediksi oleh Hacker. Pastikan kamu menghindari penggunaan nama mu, hewan peliharaan atau keluargamu, karena Hacker juga akan memprioritaskan perkiraan tersebut.Cara yang bagus untuk memiliki password yang tidak dapat diprediksi adalah dengan menggunakan kalimat dasar atau frase sebagai akronim.
Cara kerjanya: Pilih kutipan yang mudah diingat atau katakan itu berarti bagi kamu, kemudian ambil huruf pertama dari setiap kata. Kamu bisa menggunakan lirik lagu faforit, kata-kata mutiara, atau motivasi

Contoh beberapa kata kata dasar:
  1. Jangan Menyerah menjadi jgnmnyrh
  2. God of War menjadi gowar
  3. Kamu Jelek menjadi kamjel
  4. Aku sayang Kamu menjadi aksaka

Perpanjang Kata
Password bisa menjadi sangat kuat jika panjangnya mencapai 15 karakter. Tujuan 15 karakter ini adalah karena sistem operasi Windows tidak akan menyimpan password sebanyak 15 karakter atau lebih.

Password yang panjang bisa membuat kamu malas untuk mengetikknya, tetapi password yang panjang sangat membantu untuk menghalangi Hacker melakukan Brute Force.

Tips: perpanjang password mu dengan menambahkan karakter khusus, lalu nama situs web atau nomor handphone. Sebagai contoh:
  1. jgnmnyrh:ya
  2. God Of War, gowar,gamefaforitku
  3. kamjel$bangeet
  4. aksaka011118

Ganti Karakter Non-Alphabetic dan Huruf Kapital
Kekuatan password akan meningkat secara signifikan ketika kamu mengubah beberapa huruf menjadi karakter non-alfabet, dan kemudian sertakan huruf besar dan huruf kecil di dalamnya.

Karakter dan angka yang tidak biasa seperti contoh dibawah ini akan membuat passwordmu tidak bisa diprediksi oleh Hacker.

Contoh:
  1. JgNmRh:ya
  2. 1goWar,gamefaforitku
  3. kamjel$BaNgeet
  4. aKsaKa011118

Jika kamu menggunakan tips diatas, saya jamin deh password kamu bakal aman 100%, hehe. Semoga Bermanfaat.