Tips untuk Mempelajari Bahasa Pemrograman

Semakin berjalannya waktu, teknologi informasi semakin berkembang dan terus berkembang. Aplikasi otomatis yang sering kita gunakan sehari-hari pada komputer itu dibuat dengan menggunakan bahasa pemrogramman.

Pemrograman sangatlah bergantung pada kemampuan analisis, penyelesaian masalah, konsentrasi dan ketelitian. Jika kalian sudah memahami dan sudah bisa mengatasi suatu masalah dengan mencari celahnya, maka Pemrograman pasti bisa kalian kuasai.

Artikel ini dibuat karena saya sering mendapatkan pertanyaan dari teman-teman tentang cara mengatasi ini, itu, dsb. yang berhubungan dengan Pemrograman.

Oke, berikut adalah beberapa tips dari saya ketika kalian ingin mempelajari Pemrograman.

Pilihlah bahasa pemrograman yang ingin kalian pelajari

Terdapat banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa kalian pilih. Cukup pilih salah satu yang menurut kalian cocok untuk dipelajari. Sepengalaman saya, mempelajari beberapa bahasa pemrograman dalam satu waktu itu sangatlah membingungkan.

Setiap bahasa pemrograman mimilki Syntax (Penulisan) yang berbeda-beda. Jika kalian baru mengenal bahasa pemrograman, saran saya cobalah bahasa pemrograman "C" yang merupakan bahasa pemrograman dasar dan mudah untuk dipelajari. Setelahnya barulah kalian bisa mempelajari bahasa pemrograman lain.

Pelajari dasarnya

Setiap bahasa pemrograman memilki aturan dan Syntax yang berbeda-beda. Maka dari itu, pelajarilah arti dari setiap kode yang kalian tulis.

Pelajari algoritma

Kebanyakan para pemula langsung terjun ke bagian penulisan kode setelah mereka memahami suatu bahasa pemrograman. Jika kalian sudah memahami suatu bahasa pemrograman tetapi tidak menemukan dan tidak bisa menyelesaikan suatu masalah pada kode, cobalah pelajari dan ikuti algoritma pemrograman.

Beri komentar

Etika dalam pemrograman adalah menuliskan komentar pada baris kode. Etika tersebut adalah hal dasar yang berguna bagi para programmer dalam memahami kode dari programmer lainnya. Jika kalian tidak menggunakan komentar pada baris kode, maka saya yakin kalian pasti akan mulai memahami kode dari awal secara berulang-ulang.

Jangan menyerah

Tips ini adalah salah satu cara terbaik dalam mempelajari bahasa pemrograman. Bekerja keras dan latihan yang rutin dapat membantu kalian dalam memahami konsep secara cepat dan efisien.

Gabung dengan forum

Jika kalian sudah sangat bingung. Maka forum adalah tempat yang tepat untuk bertanya. Buatlah pertanyaan dan kalian pasti akan mendapatkan jawabannya. Salah satu forum favorit saya adalah stackoverflow.

Bertanya jika sudah mepet

Bertanya kepada yang orang yang sudah berpengalaman juga sangat penting karena mencari jalan keluar sendiri bisa memakan waktu kalian.

Lakukan pengujian

Melakukan pengujian ketika sudah menyelesaikan satu fungsi kode dapat membantu kalian dalam menemukan kode yang error ketimbang melakukan pengujian ketika menyelesaikan semua kode.

Itulah beberapa tips dari saya tentang pemrograman, semoga artikel ini bermanfaat.