Image from Aram Koukia on Technoidious

Cortana adalah Virtual Assistant dari Microsoft yang ada di Windows PC, Windows Mobile, ditambah ponsel dan tablet Android. Jika kamu pernah menggunakan Siri di iPhone, Google Assistant di Android, atau Alexa di Amazon's Echo, kamu pasti sudah mengenal jenis teknologi ini.

Apa yang Bisa Dilakukannya?
Cortana memiliki banyak fitur.

Cortana bisa menjadi ensiklopedia, kamus, dan lain-lain. Misalnya, kamu bisa mengetik atau mengatakan hal-hal seperti "What is another word for smart?". Kamu juga bisa bertanya benda-benda tertentu seperti ("What is Car?)", dan lain sebagainya.

Cortana menggunakan Search Engine dari Bing untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jika pertanyaannya mudah, maka jawabanmu akan segera muncul. Tetapi, jika Cortana tidak yakin atau tidak dapat menjawabnya, dia akan membuka browser dengan pertanyaan beserta jawabannya.

Cortana juga dapat memberikan jawaban seperti "How is The Weather?". Dalam contoh ini, dia juga harus diizinkan untuk mengakses ke lokasi dan kontak kamu.

Jika kamu memberikan izin kepada Cortana untuk mengakses lokasimu, dia bisa mulai bertindak lebih seperti asisten sejati.

Kamu juga dapat meminta Cortana untuk memilih data dan menyediakan file tertentu dengan membuat pernyataan seperti "Show me my photos" atau "Show me my documents." Jangan pernah takut untuk bereksperimen dengan apa Bisa dikatakan. Semakin kamu bekerja dengannya, semakin baik dia akan mendapatkannya!

Untuk informasi lebih lanjut tentang apa yang Cortana dapat lakukan, lihatlah Beberapa Kegunaan Sehari-hari untuk Cortana di Windows 10.

Cara Berkomunikasi Dengan Cortana
Ada beberapa cara untuk berkomunikasi dengan Cortana. Kamu dapat mengetikkan pertanyaan atau perintah di area yang disediakan. Mengetik adalah pilihan jika kamu lebih suka tidak memberikan perintah verbal atau jika komputer/laptop mu tidak memiliki microphone.

Bicaralah dengan Cortana dengan menggunakan bahasa inggris. Interpretasinya tentang apa yang dia dengar akan muncul di kotak Pencarian. Tergantung pada apa yang kamu katakan, dia mungkin akan berbicara kembali, jadi dengarkan baik-baik. Sebagai contoh, jika kamu memintanya untuk membuat reminder di kalender, dia akan memintamu untuk mendapatkan rinciannya. Dia pasti ingin tahu kapan, dimana, jam berapa, dan sebagainya.

Bagaimana Cortana Mengetahui Tentang Kamu
Pada awalnya, Cortana belajar tentangmu  melalui Akun Microsoft yang terhubung. Akun tersebut adalah akun yang kamu gunakan untuk masuk ke Windows 10, dan mungkin seperti namaanda@outlook.com atau yourname@hotmail.com. Dari akun itu Cortana bisa mendapatkan nama, usia, dan fakta lain yang kamu berikan. Semakin sering kamu menggunakan Cortana, semakin banyak dia akan belajar.

Bercanda Dengan Cortana
Cortana bisa tertawa terbahak-bahak, kalau kamu memberinya sedikit lelucan. Jika kamu telah mengaktifkannya, katakan ke mikrofon "Hei, Cortana", diikuti oleh salah satu perintah dibawah ini.
Hei, Cortana:
    1. Are you human?
    2. Tell me a joke.
    3. Do you know Siri?
    4. What’s the answer to life, the universe, and everything?
    5. Sing me a tune.
    6. Who is your creator?
    7. Will you marry me?